Budidaya Pemeliharaan Semut Jepang yang Mudah

CARA BUDIDAYA SEMUT JEPANG

Budidaya Pemeliharaan Semut Jepang - Sebelum melihat cara budidaya semut jepang saya ceritakan sedikit sekilas tentang semut jepang atau disebut mealworm memiliki Bahasa Latin Tenebrio molitor

Budidaya Pemeliharaan Semut Jepang yang Mudah

Semut Jepang Yang sudah bomming di bumi nusantara indonesia kini menjadi primadona sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan.Karena memang sangat banyak Khasiat dari semut jepang ini seperti Diabetes kanker asam urat liver dan strok dan tidak kalah penting untuk vitalitas baik pria maupun wanita.
Untuk lebih lengkap tentang Khasiat Semut jepang baca :
Manfaat dan Khasiat Semut Jepang
Lansung saja kita bahas
Cara Budidaya Semut Jepang

Untuk membudidayakan semut jepang sangatlah gampang.
 Berikut langkah – langkah budidaya semut jepang :

Budidaya Pemeliharaan Semut Jepang yang Mudah
gambar 2
Budidaya Pemeliharaan Semut Jepang yang Mudah
gambar 3

1.Sediakan toples plastik yang sudah dilubangi tutupnya. Ini berfungsi sebagai ventilasi udara agar semut tidak mati kepanasan. lihat gambar 2
2.Sediakan kapas secukupnya. gambar 3
3.Sediakan roti tawar.
4.Hal yang paling penting yaitu semut jepang itu sendiri.
5.Pertama lubangi toples plastik pada tutupnya.
Kemudian masukkan kapas sampai ¾ dari toples. Usahakan tidak terlalu padat. Setelah itu masukkan semut jepang dan roti tawar atau ragi tape
6.Ganti kapas ketika sudah berwarna gelap.

Dari 10 ekor semut jepang dapat berkembang biak menjadi sekitar 200an ekor dalam 2 bulan.

Perawatan dan makanan semut jepang
Perawatan selanjutnya anda cukup memberi makan semut seminggu sekali degan tiga butir roti tawar atau ragu tape satu butir untuk 200 ekor selama 3 hari.
Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang saya sarankan untuk memisahkan satu toples berisi bibit semut jepang sekitar 200an ekor. Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu.


Tips Pemeliharaan yang mudah

*Selalu berikan makanan yang cukup ( makanan berupa ragi tape ).
Ingat cukup makan bukan berarti over, karena bila over ragi di wadah semut maka akan terjadi fermentasi dan kelembaban sehingga panas yang berujung pada munculnya embun di dalam media budidaya. berikan makanan secukupnya dan di berikan makan lagi bila makanan yang di berikan sebelumnya sudah habis.
*Tempatkan media budidaya dari jangkauan cicak dan semut rumah, karena semut bisa di mangsa oleh mereka dan cenderung kalah.
Biarkan semut tetap tenang di media mereka, jangan sering diusik agar tidak stress Tunggu kira-kira 2-3 bulan dan monitor perkembangannya, niscaya semut yang anda pelihara sudah berkembang dengan pesat. Secara normal jumlahnya sudah akan bertambah antara 3 – 6 kali lipat dari jumlah semula.
*Bersihkan wadah / media tatkala kapas sudah terlalu kotor dan banyak terdapat pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples dengan cara di saring dengan saringan santan yang lembut semut dan kapas dipindah saja dulu ketoples yang sudah dibersihkan.

Baca : Alam menjaga Kesehatan jantung
Demikian tentang Pemeliharaan semut jepang yan mudah sekali bukan? Silahkan anda praktekan dirumah sendiri.

Related

Vitalitas 5882897177735214066

Post a Comment

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Blog Archive

Side Ads

Text Widget

item